Visi & Misi

VISI MISI DAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

 

A. TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai kejuruannya.

1. Tujuan Pendidikan Nasional

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah menyatakan fungsi dan tujuan pendidikan nasional sebagai berikut :

Fungsi Pendidikan Nasional

Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan Pendidikan Nasional

Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2. Tujuan Pendidikan Dasar

Meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

B. VISI SMK NEGERI 1 KANOR

Mewujudkan lulusan yang berimtaq, profesional dan peduli terhadap lingkungan

C. MISI SMK NEGERI 1 KANOR

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut :

  1. Meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.
  3. Program untuk mencapai keberhasilan misi tersebut, antara lain :

Misi I : Meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

  1. 5S : Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.
  2. Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran.
  3. Baca Al Qur’an setelah pelajaran.
  4. Sholat dzuhur berjamaah (bergiliran).
  5. Pelajaran Ekstrakurikuler : Rohis, baca Al Qur’an, seni musik religi, dan Kajian Islam
  6. Lomba : Da’i remaja, baca Al Qur’an, dan adzan.

Misi II : Menigkatkan prestasi akademik dan non akademik

  1. Meningkatkan prestasi akademik melalui proses pembelajaran intrakurikuler dengan berbagai model pembelajaran memakai LCD dan laptop, pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta pelajaran tambahan siang hari.
  2. Meningkatkan prestasi non akademik melalui pembelajaran ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat, minat, dan kreatifitas siswa antara lain : Pramuka, PMR, olah raga, seni baca Al Qur’an, seni musik, seni tari, dan olimpiade sains.
  3. Secara berkala mengadakan lomba di sekolah, antara lain : Mata pelajaran (musik, olah raga, futsal, Paskibra, baca Al Qur’an).
  4. Mengikuti Lomba Kejuruan Tingkat Kabupaten, Propinsi, dan Nasional.

Misi III : Membiasakan peduli lingkungan bersih dan sehat

  1. Mengadakan kegiatan jum’at bersih di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
  2. Mengadakan kegiatan KMDM (Kecil Menanam Dewasa Memanen).
  3. Mengadakan lomba keindahan kelas dan taman kelas.
  4. Mengadakan kegiatan komposting dan pemilahan sampah.
  5. Membentuk bank sampah.
  6. Melestarikan jenis keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau sebagai salah satu bentuk pelestarian lingkungan.
  7. Menggunakan bahan ramah lingkungan sebagai salah satu alternatif dalam pencegahan pencemaran lingkungan.
  8. Menumbuhkan semangat cinta lingkungan terhadap warga sekolah sebagai upaya mencegah kerusakan lingkungan.

D. TUJUAN SMK NEGERI 1 KANOR

  1. Menyiapkan tenaga kerja yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian dan berkebangsaan Indonesia, jujur dan bertanggung jawab;
  2. Menyiapkan tenaga kerja profesional di bidang teknologi informasi dan komunikasi, bisnis manajemen serta kepariwisataan sehingga siap berwirausaha maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensinya;
  3. Menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kecakapan hidup, pengetahuan, dan keterampilan berwirausaha, sehingga mampu mengatasi masalah kehidupan diri sendiri, keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi bahasa internasional kejuruan serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi global sehingga mampu beradaptasi serta berkompetisi di dunia kerja internasional sesuai dengan kompetensi kejuruannya.